Tuesday, February 27, 2024
HomeBerita UtamaJalan Kaki 10 Jam Keliling Pulau Mandolokang, Oroh : Tradisi 'Muliki Banua'...

Jalan Kaki 10 Jam Keliling Pulau Mandolokang, Oroh : Tradisi ‘Muliki Banua’ Patut Dilestarikan

TAGULANDANG-Penjabat Bupati Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) Ir. Joi Oroh, M.Si tak hanya disibukan dengan rutinitas pemerintahan dan tupoksinya untuk mengsukseskan agenda nasional pemilu 14 Februari 2024 mendatang.


Namun, Oroh belakangan juga ikut menghadiri sejumlah kegiatan budaya dan tradisi masyarakat di kabupaten Sitaro, termasuk pagelaran Muliku Banua yang dilaksanakan Minggu, (28/01) kemarin di Tagulandang.

Meskipun ikut menyita waktu dan tenaga karena harus melingkari sebagian pulau Tagulandang, namun Oroh ikut memberikan apresiasi dan penghargaan kepada masyaarakat Tagulandang yang masih eksis mempertahankan dan melestarikan tradisi dan budaya para leluhur.

“Meskipun kurang lebih 10 jam harus berjalan kaki, tapi saya terharu dengan tradisi dan budaya Muliku Banua. Saya bisa bertemu langsung dengan masyarakat dan bisa bertutur sapa satu dengan yang lain,” kata Oroh, yang kemarin tampil dengan menggunakan dress code putih/hitam.

Menurut Oroh, tradisi Muliku Banua di pulau Tagulandang, kaya akan makna kebersamaan dan ikatan persaudaraan diantara sesama warga.

“Saya terharu saat dijamu dengan suguhan makanan oleh masyarakat di beberapa tempat. Disitu kita saling diskusi, saling kenal dan saling berinteraksi sesama warga,” ungkap Oroh yang kemarin juga secara spontan ikut melepas peserta Meliku Banua.(msi)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments